Pati, NU Online
Komisariat IPNU-IPPNU Madrasaj Aliyah (MA) Assalamah, Pati, menggelar training jurnalistik praktis, Rabu (6/3) siang kemarin. Training yang mengambil tema “Melejitkan Potensi Jurnalistik pada Pelajar” ini dipandu langsung oleh Muhammad Mubarok, Ketua Pengurus Cabang IPNU Kabupaten Pati.


Tujuan Pelatihan Jurnalistik ini untuk memberikan kesempatan kepada Pelajar supaya meningkatkan potensi dalam menulis dan pembuatan media sekolah. Setelah pelatihan ini diharapkan peserta mampu menerbitkan media sekolah baik mading atau buletin.


"Setelah pelatihan ini diharapkan, minimal, madrasah kami bisa mengaktifkan mading dan menerbitkan buletin," kata Ketua Panitia Training, Abdullah Naim.

Dalam pelatihan yang berlangsung mulai pukul 13.00-16.00 WIB, Mubarok menjabarkan beberapa hal tentang kehidupan kepenulisan atau jurnalistik kepada puluhan pelajar siswa-siswi pilihan Komisariat IPNU-IPPNU MA Assalamah Kecamatan Pati.

“Yang terpenting setelah menemukan ide, segera ditulis dan disusun dengan mengetahui topik atau pokok bahasan inti untuk dijadikan sebuah kalimat utama. Ini dimaksudkan agar ide yang ada dipikiran itu tidak hilang dan lupa.” ujar Mubarok di sela pelatihan,

Dikatakan, ketika menulis jangan sampai berhenti di tengah-tengah sebelum selesai terlebih dahulu. Jika semua sudah tuntas, diteruskan merangkainya menjadi lengkap susunan kalimatnya sehingga tersusun beberapa paragraf. Setelah itu baru mengulang atau mengoreksi kaimat-kalimat yang belum menarik dibaca.

“Lakukan bagitu seterusnya dan jangan terjebak atau berhenti lama-lama di tengah-tengah ketika sedang membacanya, karena itu sangat menghambat dalam meyempurnakan paragraf,” imbuh Mubarok yang juga penangggung jawab Buletin Tasbih Jum’at PC.IPNU IPPNU Pati yang terbit setiap Jum'at dan disebarkan di Masjid-Masjid.

Di akhir penyampaian materi, Mubarok memberikan pesan kepada peserta berua tips. “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya. Jadi, kalau ingin bisa menulis ya tulis saja, tulis saja, tulis saja!” ujarnya tersenyum.



Redaktur    : A. Khoirul Anam
Kontributor: Birri Zamrock