Pembukaan kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 5 Mei 2012 pk. 16.00, pada pembukaan ini dihari oleh Pengurus IPNU Kota Tangerang, Banser, dan Ketua Majelis Musyawarah Cabang (MWC) Kecamatan Pinang sekaligus membuka kegiatan ini.

Fariz (Ketua Pelaksana) dalam sambutannya mengatakan bahwasannya kegiatan ini adalah salah satu bentuk pengkaderan yang ada di IPNU, karena tentunya basis kader IPNU itu ada di Santri dan Pelajar. Lanjutnya, tentunya diharapkan para santri ini bisa menjadi penerus para ulama untuk menyampaikan ajaran Rasulullah SAW serta para Ulama khususnya para Ulama NU.

Hal itu pun dibenarkan oleh Musrsalim (Ketua PAC IPNU Pinang), santri pada zaman diharapkan tidak hanya bisa mengaji, baca kitab, dll melainkan harus menguasai ilmu-ilmu umum yang lain demi menjawab tantangan zaman sehingga santri tidak dianggap sebagai golongan marjinal, tandasnya.
Rangkaian Acara :
Materi ke-1 Ke-NU-an Oleh Ust. A. Kahfi (Wakil Sekretaris PCNU Kota Tangerang)
Materi ke-2 Ke-IPNU-an Oleh A. Muya Turmiji (Ketua IPNU Kota Tangerang)
Materi ke-3 Ke Aswajaan Oleh Sudartho (Sekretaris IPNU Kota Tangerang)
Pada malam harinya diadakan kegiatan renungan/ refleksi, pada kegiatan ini diadakan evaluasi diri agar dengan harapan ada perbaikan dalam diri santri agar hidup menjadi lebih baik dan mempunya tujuan hidup yang jelas. Pada pagi harinya diadakan kerja bakti dilingkungan sekitar dengan membersihkan selokan, mushola, dlll. Acara diakhiri dengan Santunan Yatim Piatu di sekitar lokasi kegiatan (atho/IPNU)

Sumber : http://www.ipnu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,55-id,77-lang,id-c,warta+daerah-t,Kemah+Santri++PAC+IPNU+Kecamatan+Pinang+Kota+Tangerang-.phpx