Magelang, NU Online
Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Lembaga Pendidikan Ma’arif NU dan Pimpinan Anak Cabang IPNU IPPNU Kecamatan Salam menyelenggarakan mujahadah dan motivasi sukses UN bagi siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Salam di Aula Balai Desa Sucen Salam Magelang.


Ketua LP Ma’arif NU Kecamatan Salam, H Suratin mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kepedulian LP Ma’arif untuk membantu para siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah kelas VI yang sebentar lagi akan menempuh Ujian Nasional.

Dengan kegiatan ini kami berharap para siswa memiliki motivasi tinggi dan semangat belajar yang tekun. Bagi siswa yang berhasil memperoleh nilai terbaik ditingkat MI se-Kecamatan Salam akan diberikan penghargaan beasiswa sebesar satu juta rupiah.


Ia juga menghimbau kepada warga Nahdliyin di Kecamatan Salam agar menyekolahkan putra-putrinya di pendidikan Ma’arif dan mengajak para guru untuk bersama-sama menjadikan lembaga pendidikan ma’rif yang bermutu,” tegasnya.

Acara diawali dengan mujahadah yang dipimpin oleh KH Muhsin Al-Hafidz dan ditutup dengan do’a oleh KH Habibullah. Kemudian acara dilanjutkan dengan “spiritual success motivation” yang diawali dengan game-game menarik.

Para peserta pun nampak antusias dan hanyut dalam suasana penuh hidmat. Tak hanya itu, ustadz Saeful Bahri pun mengajak para siswa untuk senantiasa bersyukur dan merenungi segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

Sementara itu, motivator Amron Awaludin mengungkapkan, tujuan kegiatan “spiritual success motivation” ini untuk memberikan motivasi, baik kepada siswa, orang tua maupun guru dengan pendekatan kepada  Allah SWT.

Dalam motivasi ini para peserta diajak dan diarahkan untuk lebih mengenal Allah dalam proses kegiatan belajar mengajar. Menurutnya spiritual adalah bentuk kecerdasan manusia yang tertinggi yang dapat mengangkat derajat manusia dan membawa ke dalam kebahagiaan hakiki.

Ada tiga kunci kesuksesan dalam meraih cita-cita; pertama ikhtiar maksimal, kedua do’a dengan mujahadah, ketiga hati optimis dan tawakal.

“Berdo’a minta diberikan kemudahan saat UN adalah wajib. Berdo’a dan mendekatkan diri kepada Tuhan adalah sebuah proses sugesti, maka harus diyakini dan dilakukan secara benar. Dan semesta akan mendukung do’a itu untuk terwujud”, tuturnya.

Tidak hanya siswa yang mendapatkan motivasi, namun juga para orang tua siswaBahwa orang tua adalah sebagian mereka yang menyadari akan tanggung jawab atas amanah putra-putrinya dari Allah. Tugas para orang tua belum selesai dengan mengantarkan anak belajar di sekolah, namun orang tua juga wajib membimbing dan mendampingi anaknya ketika belajar di rumah.
Pada kesempatan yang sama, Ketua PAC IPNU Salam, Muhammad Imam Muttaqien mengungkapkan, bahwa kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun, selain ingin memberikan motivasi kepada siswa-siswi, kegiatan ini juga sekaligus untuk meneguhkan eksistensi pada masyarakat luas, bahwa Salam adalah salah satu basis IPNU IPPNU di wilayah Kabupaten Magelang.

“Dengan semangat belajar, berjuang dan bertaqwa, kita yakin para siswa-siswi akan diberikan hasil yang terbaik dan dapat lulus dengan nilai yang maksimal,” tegasnya di sela-sela acara.

Dari 10 MI Ma’arif yang mengikuti kegiatan ini, masing-masing sekolah mengirimkan antara 10-20 siswa yang di dampingi oleh orang dan gurunya.


Redaktur: Mukafi Niam